My blog has moved!

You should be automatically redirected in 6 seconds. If not, visit
http://winisphere.wordpress.com
and update your bookmarks.

expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

The Mumbling bubles

Thursday, November 18, 2010

As it goes, I need to mumble..

Hi there!

Ini adalah posting pertama saya di blog ini. Entah ini blog keberapa yang saya miliki, tapi blog ini adalah sesuatu yang spesial karena ini adalah salah satu self-project alias proyek pribadi saya bulan ini. Ups, we're jumping too far. Sebelum membicarakan proyek pribadi saya, izinkan saya memperkenalkan diri.

Saya adalah....
Ups. Bahkan saya sendiri masih mencari jawaban untuk melengkapi kalimat tersebut. Saya bisa mengisi titik-titik diatas dengan atribut fisik ataupun identitas 'nyata' saya, seperti nama, profesi, tinggi badan, status, dan masih banyak lagi embel-embel lain. Tapi di atribut atribut itu, saya tidak menemukan jawaban atas siapa saya. Saya tidak menemukan atribut nama, profesi, status, hobi, sifat dll sebagai cermin yang bisa memantulkan refleksi diri dan memberi sedikit inspirasi tentang diri saya sendiri. Karena saya bukanlah (terbatas pada) nama saya, profesi saya, saya terlihat seperti apa, saya anak siapa, saya pacar siapa, saya hobi apa, tinggal dimana, dan semua atribut fisik yang melekat. Ada sesuatu yang lebih pada "saya". Ada sesuatu yang masih harus saya eksplorasi untuk tahu dan mengenal diri saya secara utuh. Oke, mungkin saya mengenal diri saya saat urusannya hanya kulit luar. Tapi jika disuruh mendedah 1cm saja dari kulit luar saya ( humm..ayo bayangkan ada apa 1cm dari kulit luar saya..saya nggak jago biologi soalnya. Susunan saraf dan sel-sel entah apa serta otot, mungkin ) , belum tentu saya bisa mengenal diri saya. Apalagi saat masalahnya mengenai si "penggerak" tubuh saya alias energi, jiwa, ruh, dan rasa. Ah, apa yang saya tahu tentang rasa dan jiwa, kala semua yang saya sadari sebenarnya hanya 1% , si puncak gunung es yang terlihat mata Sisanya? 99% alam bawah sadar yang saya sendiri tak tahu ada apa disana. Padahal itu bagian dari saya. Jadi, jangan paksa saya menyelesaikan kalimat " Saya adalah.." tadi, karena saya masih dalam proses mencari dan menjadi. Ah, seiring anda membaca blog ini, anda akan semakin tahu (atau sok tahu?) tentang siapa saya. Ini mungkin sebuah bentuk narsisme klasik dimana blog adalah media saya menjadi tokoh utama dalam sebuah cerita, dimana satu satunya alur penting adalah alur hidup saya (yang mungkin pada nyatanya terlalu biasa). Tenang saja, saya bukan si protagonis membosankan dan kelewat baik hati. Bukan pula antagonis hitam yang hanya kenal caci. Saya hanya si pengelana yang sedang berpetualang dan berharap menemukan satu dua pantulan diri yang terserak..

Cukup tentang saya. Blog ini, seperti saya katakan diatas, adalah proyek pribadi saya. Bulan ini saya memiliki 3 proyek pribadi yang semuanya bermuara pada satu tujuan : menemukan lagi mengapa saya berharga. Akhir akhir ini saya bermasalah dengan keseimbangan pribadi dan rasa tidak aman.  Akhir akhir ini, saya menjadi .. lelah. Dan kelelahan ini membuat hampir tiap sendi hidup saya tidak stabil. Dan itu semua berakar pada satu masalah: saya tidak merasa cukup percaya pada diri saya sendiri, bahwa saya pantas dan bisa mendapatkan sesuatu. Bahwa saya...berharga.

Untuk mencapai tujuan itu, salah satu caranya, saya menulis. Yap, blog ini adalah proyek pribadi saya. Dengan menulis, saya meninggalkan jejak tentang keberadaan dan cerita saya.. dan mungkin ini bisa membantu saya meraih yang dulu hilang. Mungkin, dengan menemukan kembali siapa saya, dan lebih mengenal serta jujur tentang itu, saya akan tahu bahwa saya berharga. Dengan blog ini,  persistensi saya menulis, berkreasi, bermimpi , serta yang terpenting, jujur pada diri sendiri, diuji. Resolusi saya adalah 1 tulisan per hari, entah itu artikel fiksi maupun non fiksi, atau cuma celoteh hati. Jadi, doakan saya! 




No comments:

Post a Comment